• App Review: Music Maker Jam, Mudahnya Membuat Musik

App Review: Music Maker Jam, Mudahnya Membuat Musik


Setelah kemarin mereview aplikasi PowerDirector untuk membuat video, sekarang giliran review aplikasi pembuat musik Music Maker Jam (MMJ)... Cekimpruttt...
Bagi kamu yg hobi bermain dan membuat musik, mungkin aplikasi ini sudah gak asing lagi.

Sudah siapp??? Capcussss.....
1. Interface (UI)
MMJ memiliki UI yg cukup mudah dimengerti, compact, simple dan keren.


Halaman awal MMJ terlihat simple dan rapi, terdiri dari 4 section. Yang pertama adalah Make Music untuk langsung membuat musik, My music adalah tempat Styles/Loop yg sudah kita beli dan di download serta daftar project/musik yg sudah kita buat.


More Styles adalah tempat dimana kita bisa membeli/download Style/Loop. Dan yg terakhir Community adalah tempat komunitas MMJ untuk membagikan musik-musiknya. Untuk menikmati fitur ini, kamu harus memiliki akun MMJ. Untuk mendaftar, tap icon Gear (setting), lalu di sektor Community pilih Sign In, lalu Create Account, kamu juga bisa menggunakan akun Facebook untuk Sign In ke MMJ.



2. Features


Di halaman editor, ada 4 tab yg bisa digunakan. Yg pertama adalah Media, disini kita bisa menambahkan Loop dan mengatur masing-masing volume.


Loop yg tersedia berdasarkan Styles/Loop yg sudah dibeli dan didownload. Semakin banyak Loop, semakin banyak pilihan dan membuka kreatifitas untuk membuat musik.


Tab kedua adalah FX, fitur ini berfungsi untuk menambahkan efek suara. Ini cocoknya dipake untuk musik ajep-ajep.. hehe.. Penggunaannya bisa disentuh atau goyang-goyangin hapenya. Jangan kamu yg goyang, ya! 😄


Tab yg ketiga adalah Key Tone atau kunci nada, kamu bisa atur sesuai imajinasi. Kamu bisa set Auto ataupun Live. Caranya tap tulisan AUTO / LIVE untuk berpindah antara Auto dan Live.


Tab yg terakhir adalah Voice Record, disini kamu bisa menambahkan vokal untuk lagu yg kamu buat. Mantap kan???

3. Performance

Untuk performa dari aplikasi ini terasa mulus dan musik menyatu dengan baik meskipun menggunakan Loop yg banyak (tergantung spesifikasi/tipe smartphone). Key Tone juga bekerja dengan baik dan pas. Namun untuk rekam suara kadang gak sync, malah jadi berantakan.

Untuk mengatur Tempo atau Volume secara keseluruhan, tap icon Speaker/Pad yg ada disebelah kanan.



Musik masih terdengar mulus meski tempo diatur +/- 10x dari tempo asli Loop. Namun semakin jauh tempo direndahkan, musik terdengar patah-patah.

Ada 3 pilihan repeat, kamu bisa mengaturnya sesuka hati.


Kamu juga bisa menambahkan Part musik jika kamu membuat musik dengan gaya yg berbeda. Misalnya Part Intro, Chorus, dll. Caranya tap pada Part lalu klik icon "+" Untuk mengubah posisi tinggal geser kanan-kiri aja. Gambar Pencil untuk mengubah nama Part, dan gambar tong sampah untuk membuang mantan. Ehh,, 😮


4. Compatibility

Aplikasi ini berjalan mulus di smartphone dengan RAM 1 GB keatas, untuk info detil aplikasi klik disini!

5. Licences

MMJ gratis untuk digunakan siapapun, namun lisensi yg diberikan hanya untuk penggunaan pribadi, No Commercial use. Aplikasi ini juga menanamkan in-app purchases melalui Google Play Store.

KESIMPULAN

Kalau hanya untuk keperluan pribadi, aplikasi ini cocok untuk kamu gunakan. Kamu bisa menuangkan imajinasi dan kreatifitas kamu melalui aplikasi ini.

Namun sayangnya musik yg sudah jadi berformat .ogg. File juga gak bisa di convert ke .mp3, meskipun berhasil tapi gak bisa diputar. Tapi gak usah khawatir, ada triknya kok, nanti aku jelasin di artikel berikutnya..
Note:

Review ini berdasarkan versi 3.2.1.1. Fitur, UI dan yg lainnya mungkin bisa berubah sewaktu-waktu.

Nih, video contoh musik yg saya buat..


0 comments:

Posting Komentar