• Perubahan Menjadi Lebih Baik

Perubahan Menjadi Lebih Baik


Semua yg ada di Bumi ini pasti mengalami perubahan, mulai dari perubahan bentuk, sifat dan lain-lain. Perubahan juga terjadi pada manusia, seiring berjalannya waktu, perubahan akan terlihat. Lalu, apa dan bagaimanakah perubahannya?..

Namanya manusia, cepat atau lambat pasti akan memiliki perubahan. Mulai dari fisik, sifat dan juga sikap. Perubahan terjadi berasal dari lingkungan, pergaulan, adat, pola pikir, dll.

Harapan semua orang pasti menginginkan perubahan menjadi lebih baik, meski terkadang hasilnya bertolak belakang dengan keinginan itu sendiri. Ada yg menerima perubahannya dengan senang hati tanpa melihat masa lalu, ada yg selalu mengeluh dengan perubahannya, bahkan ada yg tidak menerima perubahan dan memutuskan untuk memejamkan selamanya.

Perlu diingat, setiap perubahan tidak terjadi begitu saja. Itu adalah pilihan kita sendiri, dari tindakan kita sendiri. Diakui atau tidak, disengaja atau tidak, 'tangan' kita lah yg merencanakan perubahan di masa mendatang.

Namun, terlepas dari semua itu, hanya Tuhan yg berperan sebagai penentu perubahan semua makhluk-Nya.

Tidak sedikit dari kita yg mengalami perubahan menjadi lebih buruk. Sebagai contoh, saya memiliki teman yg dulunya selalu berpakaian rapi dan sopan, bertutur kata lembut dan santun, berhijab, cerdas dan pintar, rajin mengaji dan selalu ramah pada setiap orang yg ditemuinya.

Satu minggu kemarin, setelah sekitar 8 tahun tidak bertemu, saya bertemu dengannya. Penampilannya kini bak model. Parasnya semakin cantik penuh polesan bedak, rambut terurai panjang berwarna coklat keemasan, pakaian yg membuka aurat, dan bergaya ala selebritis. (Saya tidak ingin menyebutkan perubahan buruknya)

Dari penampilannya, saya mengambil kesimpulan bahwa ia mengalami perubahan karena pergaulan dan harta. Karena sifat, sikap, gaya hidup dan penampilannya berbeda jauh dari yg dulu saya kenal, saya seperti baru mengenalnya. Candaan dulu yg sering kami lakukan, menurutnya kini tak lucu lagi.

Aku senang dengan perubahannya, karena ia semakin cantik, materi terpenuhi bahkan melimpah, namun sungguh sangat disayangkan jika sikapnya harus berubah menjadi lebih buruk.

Untuk para pembaca, saya harap jangan biarkan 'sikap' kita menjadi lebih buruk, berubahlah menjadi lebih baik.

Terimakasih
____
featured image source: zedge.net

0 comments:

Posting Komentar