• Seperti Apa Generasi Muda Masa Depan, Ya?

Seperti Apa Generasi Muda Masa Depan, Ya?

Generasi Hancur
Zaman silih berganti, teknologi semakin canggih, lifestyle semakin berkelas, tapi mental kian merosot. Mungkin itu cocok diterapkan pada generasi muda atau remaja sekarang ini. Nah, loh, masa depan nanti bakal kayak gimana ya???

Namanya juga manusia, cepat atau lambat pasti akan memiliki perubahan. Baik disadari ataupun tanpa disadari. Tapiiiiii,, masa' sih harus melempem?

Yaaa, meskipun masih ada anak ABG/remaja yang berprestasi (dalam bidang yang berguna bagi bangsa, bukan berguna bagi diri sendiri), tapi rasa prihatin yang amat besar tertuju pada mereka, mengacu pada perkembangan zaman yang semakin edan ini. Karena kebanyakan anak ABG/remaja sekarang itu selalu berlebihan dalam hal apapun, padahal hal sepele, misalnya dalam berpacaran. Baca Mengapa Anak Remaja Sekarang Berlebihan Dalam Pacaran dan Pacar Rasa Rumah Tangga, Rumah Tangga Rasa Pedekate.

Seperti yang sudah saya sampaikan, mungkin beberapa penyebabnya berasal dari pergaulan, serial TV yang selalu menampilkan adegan anak ABG lagi pacaran, atau mungkin juga karena kurangnya perhatian orang tua. Alhasil, "produknya" kini menjadi Alay bin Lebay..

GAK MINAT HAL YANG BERBAU PELAJARAN

Bulan kemarin, saya sempat coba-coba tes anak SMP & SMA dengan membuat Event Be Creative: Edisi Tulisan Tangan di grup Facebook sekolah SMP & SMA saya dulu, yang dimana saya menjanjikan hadiah Rp 100.000, per tulisan yang dikirim. Tapi sampai akhir Juli kemarin gak ada satupun yang ikut atau se-enggaknya tertarik sama Event itu. Cuma di Like doang!!! Ada yang komentar tapi dia bilang gak bisa nulis, dan saya lihat di Timeline-nya penuh dengan update status kata-kata puisi yang panjang. Anehhh... Padahal di Deskripsi Event juga sudah saya tulis dengan huruf kapital "TULISAN BERTEMA BEBAS, BISA BERUPA PUISI, CERPEN, OPINI, DLL." Kalau update status galau mah bisa, panjangnya kayak bikin surat. Hadeuuhh.. Pucing pala babi,, ehh.. ๐Ÿ˜ฎ

Lalu saya coba suruh teman bikin Event Selfie tanpa embel-embel hadiah di grup Facebook yang sama, dan yang ikutan NGANTRIIIIIII.....

Disitu kadang saya merasa sedih. Mungkin anak ABG/remaja sekarang kreatifitasnya gak ada habis. Tapi kreatifitas tanpa dibarengi Produktifitas dan Wawasan sama aja kayak Tong Kosong Gak Ada Isinya.

GAK MAU EXPLORE DIRI SENDIRI

Oke, mungkin dengan cara diatas terbilang jadul dan terkesan "sekolah" banget... Saya coba tes lagi dengan gaya yang kekinian, saya dan teman bikin Event Be Creative: Edisi Movie Maker masih di grup yang sama. Di Event ini saya buat deskripsi "VIDEO BERTEMA BEBAS, YANG DITEKANKAN ADALAH TEKNIK PENGAMBILAN VIDEO, EMBEDING MUSIC, OVERLAY CONTENT, DAN TRANSISI, SEMUA DI REKAM & DI EDIT MELALUI SMARTPHONE, WATERMARK DARI APLIKASI EDITOR JANGAN DIHAPUS, MAX. 5.00 MENIT. HADIAH PEMENANG 500 RIBU". (Padahal saya gak punya duit, soalnya udah ketebak bakalan gak ada yang ikutan. Walaupun ada, paling saya pinjem uang ke temen.. Hahaha).

Seharusnya mereka di zaman sekarang ini sudah mengerti hal seperti itu, melihat dari gaya hidup mereka yang gak lepas dari Gadget & Smartphone. Tapiiiii... isi komentar semuanya beralasan "haduh, bro, kalau bikin event yg sekiranya bisa dilakuin anak pelajar dong". OMG HELLLLOOOOOO.... ๐Ÿ˜ฒ

Tiap hari mereka pegang smartphone, bahkan spesifikasi smartphone mereka lebih tinggi dibanding milik saya. Ditambah mereka sudah tau cara edit foto overlay text, sudah tau cara edit efek foto, gak jauh beda konsepnya sama edit video, tinggal klik klik doang..Aplikasi editornya pun sudah saya rekomendasikan sama mereka bahkan sudah saya bikin artikel Review Video Editor-nya di blog ini dan saya bagikan ke Facebook. Tapi bilangnya SUSAH, alasannya GAK NGERTI. Berarti update status bahasa inggrisnya hasil translate kali ya.. Hahaha... ๐Ÿ˜„

MUBAZIR tuh smartphone cuma dipake buat selfie, main coc, sama BBM'an doang. Beli mahal-mahal, tapi gak dimanfaatin. ๐Ÿ˜‚

Karena gak mau terlalu lama menahan malu, saya Tamatin aja lah Event-nya, dah keren-keren gimana gitu bikin Event, eh,,, gak ada yang ikutan.. SUPER FAIL... ๐Ÿ˜ฅ Lagian, punya duit juga kagak... ๐Ÿ˜œ

KESIMPULAN

Zaman sekarang aja anak-anak ABG/remaja bahkan yang statusnya masih pelajar udah gak mau gali potensi diri sendiri, gimana nanti negara Indonesia mau maju? Sebuah negara gak akan maju dengan Selfie, Pacaran gak jelas, Hura-hura, gengsi, update status galau, dll. Sebenarnya saya merasa iri dengan anak ABG/remaja khususnya pelajar zaman sekarang yang dimana teknologi sudah semakin maju, hal-hal dulu yang cuma ada di komputer sekarang sudah bisa diakses cuma pakai jempol, fasilitas sekolah sudah banyak. Karena dulu sewaktu saya SMA, fasilitas pun bisa dibilang gak ada, yang ada cuma 4 unit komputer dengan Windows XP, CPU Intel Pentium III dipakai rame-rame untuk kelas 1, 2 dan 3, ganti-gantian, sama lapangan bola yg becek.

Oh no
Seharusnya anak ABG/remaja dan pelajar zaman sekarang ini, masalah teknologi sudah gak perlu ditanya lah. Tapi ternyataaaaa.... Otak isinya cuma Pacaran, Mesum, Tawuran, CoC, juga ada penyakit yang baru datang, Pokรฉmon. Kalau masih kecil jangan dulu lah yang begituan, gali dulu potensi diri, buat orangtua (bukan orang utaann) bangga, cari duit sebanyak-banyaknya, kalo bisa punya ambisi untuk memimpin negeri ke masa depan yang lebih baik.
Kenapa saya ngomong begini? Karena saya ini bodoh, dan saya gak mau generasi berikutnya tambah bodoh. Wajar aja saya bodoh, karena pelajaran dulu itu terbatas.

Masa' dizaman serba modern, zaman teknologi canggih, tapi otak generasi muda gak canggih.. Smartphone keren, mahal, canggih, tapi yang punya melempem, kacangan dan otaknya lemot. Lebih pintar hape dong daripada orangnya..???

0 comments:

Posting Komentar