• Seperti Apa Mencari Uang Di Internet?

Seperti Apa Mencari Uang Di Internet?


Internet adalah jaringan komputer yg saling terhubung diseluruh dunia¹. Konten-konten yg tersedia di internet bisa berupa data pemerintah, perusahaan komersil, juga perorangan. Namun disini gak akan membahas 'internet', tapi seperti apa dan bagaimana mencari uang di internet? Simak lebih lanjut.
Emang bisa nyari duit di internet?


Jawaban untuk pertanyaan diatas adalah YA. Seperti apa dan bagaimana mencari uang di internet?

1. MEMASANG IKLAN

Pernah kan lihat iklan di sebuah website, video di YouTube, dll? Mereka yg memasang iklan di website atau video di YouTube, itu lagi cari uang dengan memanfaatkan konten yg dibagikan. Tapi, iklan tersebut juga bisa berasal dari YANG PUNYA WEBSITE atau 'paksaan' dari PENYEDIA LAYANAN yg digunakan. Misalnya iklan yg tampil dibawah artikel ini bukan berasal dari saya, melainkan dari penyedia layanan WordPress.com, ini bisa dinamakan PERJANJIAN antara USER dan PENYEDIA untuk menikmati layanan gratisan dari penyedia tersebut. Karena di WordPress.com menyediakan layanan blog gratis, tapi dengan 'syarat paksa' menampilkan iklan. Uang yg dihasilkan dari iklan itu pun bukan untuk saya, tapi untuk WordPress.com.

Ada beberapa tipe/jenis iklan yg bisa ditampilkan di website, yaitu iklan afiliasi, iklan dari penyedia layanan seperti Google AdSense, iklan berbasis artikel, dll.

Tipe pembayaran pun berbeda-beda dari setiap penyedia layanan, tapi umumnya metode pembayarannya yaitu Per Click & Per View. Maksud dari Per Click adalah pengguna hanya akan dibayar oleh penyedia iklan berdasarkan jumlah klik iklan yg dipasang, sedangkan Per View adalah pengguna hanya akan dibayar berdasarkan jumlah view / kunjungan pada halaman website yg menampilkan iklan tersebut, atau juga kombinasi dari keduanya seperti Click & View dengan kata lain pengguna hanya akan dibayar jika seseorang mengklik iklan yg tampil dan sampai masuk ke halaman yg dituju oleh iklan. Ribet ya?

2. JUALAN ONLINE

Untuk sekarang ini, pengguna internet sudah semakin pintar dan jeli akan 'tipuan' iklan yg tersebar bak virus cinta. Ehh... Alhasil, iklan pun jarang ada yg klik. Apalagi sekarang sudah ada aplikasi/program/software yg bisa nge-blocked iklan supaya gak tampil, misalnya AdBlock. Nah, yg nge-klik gak ada, yg view pun gak ada. Tekor bandar. Hehe..

Tapi, ada yg lagi nge-hits di dunia maya, JUALAN ONLINE, terutama di Instagram. Lihat deh aksinya, lucu, ngegemesin pengen jitak.. Hehe.. Peace... 😝

Mereka yg jualan di Instagram gak pernah berhenti beraksi, selalu mempromosikan jualannya di kolom komentar di setiap post yg ditemui. Apalagi pada post selebritis atau user terkenal, jumlah komentar berisi 1600 lebih dan 'kebanyakan' isi komentarnya "Sist, produk ini lebih kécé, loch.." wkwkwk.. gimana gak gemes coba??? 😄

Tapi ini gak ada salahnya buat kamu coba, asal jualannya jangan ada 'tipu-tipu' ya... 😊

3. JUAL JASA

Jika kamu punya keahlian khusus yg dapat membantu orang banyak, kamu bisa berikan jasa kepada pengguna internet.

Layanan jasa di internet sampai sekarang masih dibutuhkan karena masih banyak orang yg memiliki keterbatasan dalam hal tertentu. Dan ini adalah peluang bagi kamu yg punya keahlian khusus. Selain dapat pahala karena membantu orang lain, kamu juga bakal dapat 'fulus' dari jasa yg kamu berikan. 😂

Cukup segitu aja ya.. Sebenarnya masih ada lagi, cuma bahannya belum saya simak... 😝

KESIMPULAN

Mencari uang di internet itu 'gampang-gampang susah', ada triknya masing-masing. Cara mencari uang di internet pun banyak sekali, ada yg cara 'jahat' juga ada cara 'jagoan'. Untuk cara 'jahat' mungkin terbilang cepat menghasilkan uang tapi resiko yg akan didapat sangat fatal dan itu melanggar Undang-undang tentang Informasi & Teknologi yg sudah diterapkan di Indonesia. Untuk cara 'jagoan' bisa dibilang lambat, tapi resikonya hampir gak ada. Tinggal pilih mau yg mana?

Untuk menghasilkan uang di internet, yg perlu kamu lakukan hanya 'memanfaatkan' suatu konten atau apapun itu jika sudah 'populer' dengan cara memonetisasinya, terserah kamu mau pasang iklan atau apapun.

Tapi kamu jangan terikat mencari uang di internet saja, anggap aja cari uang di internet sebagai ISENG-ISENG BERHADIAH.

Bagi kamu yg masih pemula, cobalah buat blog dari Blogger.com (jangan WordPress.com), tingkatkan kunjungan blog, daftar AdSense dan pasang iklan di blog kamu. Buatlah artikel yg sekiranya banyak dicari oleh banyak orang untuk meningkatkan jumlah kunjungan atau promosikan dengan membagikannya ke sosial media sepeti Facebook, Twitter, dll.

Sekian & Terimakasih..

Bye.. 🙋


Perhatian!!!
Agar tidak salah faham, artikel ini sebelumnya telah dimuat di Coretanku pada platform WordPress yang beralamat cokkey.wordpress.com. Artikel ini adalah salah satu hasil import dari platform WordPress.
____
Source:
¹) WikiPedia

Featured image source: today.com

1 comments: